Ragam Bahasa

Sedikit tentang Indonesia, saya mendapat pelajaran bahwa Indonesia tidak hanya kaya akan alam dan keindahan Negerinya tapi saya mulai mengerti bahwa Indonesia juga kaya akan bahasanya. Negeri kita ini adalah negeri yang subur dan kaya raya, yang mempunyai bermacam-macam budaya, flora fauna, serta potensi-potensi lainnya yang sangat membanggakan kita tidak heran Indonesia kaya akan bahasa karena Indonesia adalah Negara kepulauan yang kaya akan masyarakat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dengan adanya perbedaan, suku, ras, dan lingkungan tempat tinggal justru menambah kekayaan bahasa negeri ini.
 

Bermacam macam ragam bahasa di Indonesia, dan satu tempat dengan tempat yang lain membuat Negara lain tertarik untuk belajar dan saat ini bahasa kita sudah mulai dikenal oleh dunia internasional, terbukti ada beberapa Universitas di luar negeri yang mempunyai fakultas Sastra Bahasa Indonesia, karena menurut mereka Negara kita adalah Negara yang kaya dan mereka tertarik untuk datang ke indonesia.
Ragam bahasa menurut pribadi saya adalah bermacam macam sarana komunikasi yang digunakan untuk mempermudah kita berhubungan dengan orang lain. Dan di Indonesia banyak, banyak dan sangat banyak sekali hingga tidak bisa disebut satu persatu. Mungkin untuk lebih jelas bisa mengunjungi ( http://id.wikipedia.org/wiki/Ragam_bahasa ) untuk melihat sebagian dari pengertian ragam bahasa dan macam macamnya. Karna menurut riset yang saya dengar saat ini bahasa di Indonesia lebih dari 700 bahasa dan itu masih sangat akan berkembang dan bertambah.
Contoh kecil ketertarikan orang asing dengan bahasa Indonesia adalah saat kita jumpai banyak turis atau pengunjung luar negeri yang berkunjung ke Indonesia terutama di wilayah Bali. Banyak yang menetap disana untuk jangka waktu yang cukup lama dan untuk dapat tinggal disana mereka dituntut mengerti bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sebagai sarana yang memudahkan mereka melalukan sesuatu, seiring berjalan waktu mereka pun memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa lisan penghubung komunikasi mereka dengan masyarakat Indonesia.. dan hal itu membuat banyak orang luar negeri  mengenal bahasa indonesia . .

Banyak orang luar negeri yang sangat tertarik oleh keberagaman Indonesia terutama bahasanya tapi seringkali kita sendiri yang adalah masyarakat Indonesia sering tidak memahami banhwa banyak yang harus kita pelajari dari banyaknya kekayaan keberagaman bangsa ini terutama bahasanya yang sangat bermacam macam, dan hal ini menurut saya sisi dimana dampak negatif tercermin dalam pola pikir masyarakat zaman moden saat ini. 

Saat ini hampir semua sekolah memiliki pengajaran tentang bahasa asing. Bahkan yang terkadang mengherankan pengaruh bahasa asing lebih melekat di masyarakat daripada sekian banyak bahasa yang ada di Indonesia. Sebagai contoh pengaru bahasa asing yang masuk ke Indonesia yaitu pengaruh bahasa korea zaman sekarang akibat dari pengaruh musik popolernya yang dinamai ‘K-pop’. Dari hal ini masyarakat yang menyukai  sangat ingin belajar bahasanya untuk bisa mengerti tentang makna dari musik tersebut dan pola pikir orang orang tersebut terus berkembang pada budaya luar dan melupakan hal lama yang menjadi ciri khas mereka sendiri  yang bagi bangsa saja merupakan kekayaan yang luar biasa.
Sangat menyayangkan pula seperti seolah orang-orang Indonesia sudah tidak mengidolakan bahasanya sendiri, banyak orang yang lebih bangga dan membangga-banggakan menggunakan bahasa negeri orang lain dari pada bahasa negerinya sendiri . .

Maka untuk generasi muda, belajarlah mengenal dari dalam dan jangan pernah lupa bahwa Negara Indonesia kita ini adalah Negara yang kaya akan segala galanya. Dan mungkin suatu saat nanti bahasa kita yang menjadi tolak ukur dunia dan menjadi bahasa nomor satu internasional.




Search Blog

Profil

Foto Saya
Alexander Fransiskus
Simple is Beautiful
Lihat profil lengkapku

My Quotes

You are loved more than you know, by someone who died to know you. Romans 5:8

Followers